Facebook Buat Satelit Melayang Agar Internet Gratis



#ebf431






Jika Google pakai balon udara, maka FB pilih 'satelit melayang'. Ya, Facebook berencana membeli perusahaan pesawat tanpa awak Titan Aerospace untuk wujudkan akses internet gratis sesuai cita-cita Mark Zuckerberg dalam Internet.org.



Jika akuisisi itu jadi, Facebook akan siapkan 11.000 pesawat tanpa awak yang akan hadirkan jaringan internet di dua pertiga wilayah dunia yang belum terkoneksi internet. Wilayah yang bakal disasar akan dimulai dari Benua Afrika.



Facebook dikabarkan Techcrunch telah siapkan dana USD 60 juta atau sekitar Rp 697 miliar guna memuluskan langkah akuisisi tersebut. Titan Aerospace sendiri memang perusahaan yang memproduksi pesawat tanpa awak. Nantinya teknologi mereka akan diaplikasikan sebagai 'satelit melayang'.



Lantas, darimana sumber energi satelit tersebut? Pesawat melayang tanpa awak itu akan mampu mengudara hingga lima tahun dengan memanfaatkan energi (sinar) matahari sebagai bahan bakar. Sedangkan jenis pesawat yang dimaksud tipr Solara 60 yang mampu sediakan teknologi akses komunikasi.



Teknologi yang dikembangkan akan serupa dengan satelit luar angkasa yang lebih murah dan mudah untuk dikendalikan. Facebook sendiri masih belum mengomentari tentang rumor ini.



Mark Zuckerberg lewat Internet.org miliki misi dan visi untuk hadirkan akses internet murah bahkan gratis bagi pengguna di dunia ketiga yang belum terhubung dengan jagat maya. Google juga demikian namun lewat teknologi WiFi balon udara yang tahun lalu telah melayang start di Australia.











(Source)

Artikel Terkait

Arsip Blog